Resensi Buku : Cobalah Untuk Menulis


Judul               : Kiat Menjadi Penulis Sukses
Penulis             : Abu Al Ghifary
Penerbit           : Mujahid Press
Tebal               : 133 Halaman
Tahun terbit     : Mei 2003


Abu al Ghifary  bukanlah nama sebenarnya dari sang penulis, kata-kata Al Ghifary   adalah salah satu harapan yang  ia sematkan dari nama anaknya dalam buku ini. Sebagai seorang penulis yang  telah malang melintang di dunia kepenulisan membuat dia (Abu) untuk menuliskan hasil pengalaman dalam bentuk buku, yang  ia persembahkan kepada masyarakat luas. Sejak Tsanawiyah (MTS) ia telah melakukan penulisan dalam bentuk yang  sederhana. Layaknya seorang anak yang  sedang hobi ia pun menggunakan mesin ketik untuk menuliskan semua ide-ide tulisan dalam buku-buku hasil karyanya tersebut.
Secara pribadi, memang buku ini sudah lama terbit dari tahun 2003. Namun  jika menilai kualitas dan gaya bahasa buku ini tentu agaknya mahasiswa, pelajar, atau penulis pemula akan membutuhkan hal ini.
Buku ini  memang sebuah pengalaman yang  telah abu lakukan sejak lama. Dimana Abu menjadikan proses menulis sebagai bagian dari hobi yang  menjadi rutinitasnya sejak remaja. Pekerjaan menjadi penulis pemula membuat dia terus mengasah diri untuk menjadi penulis yang  professional. Harian lokal Jawa Barat kini tentu mengenal namanya dan kredibilitas sebagai seorang penulis yang  mumpuni, Harian Pikiran Rakyat, tabloid Salam, majalah Iber, Bandung Pos  dan berbagai media masa lainnya. 
Abu mengatakan bahwa butuh semangat serta kerja keras untuk mencapai impian tersebut. Jika menjadi penulis, maka harus terus mencoba dan melakukan koreksi diri. Dimana banyak penulis kala memulai tulisan namun cepat putus asa. Akibatnya banyak penulis muda yang  masih belajar kian minim. Jangan cepat berpuas diri menjadi salah satu tips yang  Abu katakana dalam buku sederhana ini, dimana dengan tidak cepat berpuas diri akan menambah keilmuan untuk terus menghasilkan karya tulis yang  terbaik.
Perkara menulis adalah perkara proses dalam menghasilkan tulisan setidaknya seperti itu simpulan dalam buku ini. Dimana seorang penulis harus memiliki deadline tersendiri dalam menyelesaikan tulisan-tulisan tersebut. Selain it uterus membaca bahan bahan dalam menunjang refrensi bacaan dalam menulis sebuah opini. Ketajaman isi, gaya bahasa, serta tepat waktu akan menjadi bahan pertimbangan dalam menghasilkan sebuah tulisan yang  kreatif serta orisinil. Maka dari itu, lakukan lah untuk menjadi seseorang yang  handal menjadi penulis.




No comments:

Post a Comment

Catatan perjalanan : Tempat Pengasinganku adalah Rumahku

( Catatan perjalanan : Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende-NTT ) Perjuangan seperti apa yang bisa dilakukan Dalam keadaan terkucil sep...