Gotong Royong Ungkap Kematian


Judul : Sherlock Homles dan Laskar Jalanan Baker Street
Misteri Kematian Bintang Sirkus
Penulis : Tracy Mark dan Michael Citrin
Penerbit : Qanita
Tebal : 297 Halaman
Tahun terbit : Cetakan I Mei 2010

Cerita ini dimulai dengan kasus kematian Wilhemda bersaudara yang terjatuh dari atraksi sirkus berbahaya diatas tali. Kematian mereka dalam pertunjukan tersebut membuat kasus ini ditangani oleh berbagai pihak karena dinilai tidak wajar. Salah satunya mengundang Sherlock Homles, detektif terkenal untuk menyelidiki kematian 3 bersaudara tersebut. Bahkan tidak tanggung-tanggung, permintaan untuk penyelidikan ini langsung diutarakan oleh Pangeran Wide dari kerajaan inggris.
Bersama gerombolan anak jalanan yang memiliki multitalenta bernama Backstreet, Sherlock Homles membagi tugas dalam memecahkan kasus ini. Singkatnya satu per satu misteri terkuak, bahwa Wilhemda bersaudara dicurigai sebagai dalang utama dalam kasus pencurian buku besar keluarga istana inggris yang berumur 200 tahun. Pencurian yang dilakukannya memerlukan keahilan khusus, dan hanya wilhemda yang memiliki kemampuan tersebut untuk mengambilnya.
Penyelidikan kemudian mengantarkan mereka di lapangan sirkus, tempat wilhemda bersaudara tewas. Di sanalah para anggota Bakerstreet bertemu dengan seorang anak wanita aneh yakni Pilar, maka selanjutnya pilar pun terlibat jauh dalam menyelidiki kasus ini. Perjalanan mencari data seputar Wilhemda hingga ahirnya menemukan secarik bukti-bukti yang ahirnya disatukan. Satu misteri ditemukan yakni Wilhemda yang cenderung menutup diri bahkan setelah kehilangan saudaranya yang hilang bersama Pinelope, assistan si juru pisau.
Ahir cerita kasus terpecahkan dengan menemukan bahwa Wilhemda memang tokoh yang mencuri buku dari kerajaan inggris. Namun dalam pencurian ini ia didukung ole penjahat kelas international yakni Vile dan Bracst. Keduanya menggerakan Wilhemda yang memiliki kemampuan khusus dalam kasus pencurianya. Kematian Wilhemda adalah sebuah peta pembunuhan konspirasi yang direncanakan Vile, sebagaimana ia lakukan pada korban sebelumnya.
Buku setebal 400 halaman ini cukup bagus unuk dibaca oleh pembaca pemula dalam menyukai novel misteri. Alur cerita yang rapi dan jelas memudahkan pembaca untuk membacanya. Buku ini pun dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi sehingga membuat pembaca serasa ikut berpetualang dalam dunia detektif. Ahir yang disimpulkan akan membuat pembaca juga terkagun-kagum dengan kecerdasan homles dan anak jalanan.
Namun sedikit kekecewaan tentunya jika membaca runut misteri yang terlalu cepat ini akan membuat bosan pembaca. Alur yang rapi, toh merapikan kasus dalan membuat pembaca berfikir cepat dalam memecahkan kasus. Padahal kasus yang rumit akan semakin membuat kesan yang penasaran terhadap sebuah kasus misteri. Walaupun seperti itu, buku ini cocok di baca semua kalangan. Apa lagi jika melihat jejak detektif yang ditirukan oleh anak jalanan bacstreet yang membantu Sherlock Homles.

No comments:

Post a Comment

Catatan perjalanan : Tempat Pengasinganku adalah Rumahku

( Catatan perjalanan : Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende-NTT ) Perjuangan seperti apa yang bisa dilakukan Dalam keadaan terkucil sep...