Prinsip Impian 5 cm



Judul : 5 cm
Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit : Gramedia
Tebal : 381 Halaman
Tahun terbit : Cetakan XIII 2009

Lakukan prinsip 5 cm demi mengejar impianmu. Seperti itulah pesan yang dicoba donny dhirgantoro dalam nove ini. Sebuah novel yang memang mengejarkan sebuah motivasi dalam menaklukan sebuah mimpi. Novel yang telah mengalami ualng cetak hingga berkali-kali ini memang memebrikan sebuah dorongan dalam melakukan sesuatu. Prinsip 5 cm dimana prinsip ini diterjemahkan, apabila ada sebuah keinginan maka dekatkan keinginan itu sedekat 5 cm. Tujuannya adalah setelah meletakan sedekat itu maka pandangan mata hanya akan terfokus kepada keinginan tersebut. Maka hal itulah yang mendekatkan keinginan dalam tokoh fiktif arial, genta, riani, zafran, dan ian dalam menjalni hubungan persahabatannya.
Persahabatan lima sekawan ini terukir sejak masa sma hingga kuliah. Kelimanya memang sebuah epnciptaan manusia yang unik. Dimana kelimanya memiliki karakter yang mengesankan namun memiliki karkater sebagai seorang sahabat yang saling dibutuhkan dan membutuhkan. Sosok Arial sebagai sosok pendiam yang suka dengan aturan. Riani gadis periang yang memiliki kharismatik. Zafran seorang pujanggga yang memang memiliki kemampuan dalam mengolah kata-kata. Genta sosok yang dikatakan sebagai seorang pemimpin karena kemampuan dalam menjadi sosok penting dalam pertemanan mereka. Terahir sosok Ian yang memang memiliki sisi kepedulian yang tinggi terhadap dunia bola dan dunia sex. Persahabatan mereka memang diibaratkan perangko dan amplop yang saling menempel. Banyak kegilaan yang telah mereka lakukan bahkan pekerjaan masa sma yang masih dilakukan adalah memanjat tembok sekola dan menikmati suasana malam di sekolah sma mereka dahulu.
Cerita ini semakin menarik nantinya kala diantara mereka saling menyukai. Sebuah karakter asmaray ditonjolkan namun tidak begitu dominan dalam cerita ini. Bahkan ah ir cerita baru dirajut dalam benang merahyakni asmara.
Ibarat novel memang membutuhkan sebuah konflik dalam membut cerita yang menarik. Maka sama halnya dengan novel ini. Sebuah gagasan di suatu ketika yang dicobakan genta kepada para sahabatnya bahwa mereka harus berpisah mencari jati diri selama 3 bulan. Bahwa kenanngan selama ini yang mereka rajut harus dilupakan sejenak. Aturan perpisahan yang memilukan karena tidak di bolehkan adanya komunikasi antara mereka, sebuah perpisahan secara total. Tentu awalny berat dilakukan, apalgi riani yang memilih menangis mendengar usul tersebut.

Cerita ini sungguh memikat karena pembaca merasakan bagaimana deskripsi persahabatan yang akrab namun harus terpisah. maka rentang waktu tersebut jua lah sebuah petualangan yang dilakukan power rangers bermula. Arial sosok lelaki yang sedikit kaku namun romantis berusaha menjalin hubungan dengan Indy, dimana hubungan tersebut sedikit dilalui dengan keluguan. Lain halnya dengan riani yang mencoba menata hidup sebagai seorang karyawan magang TV yang humanis lantas menjadi bahan kagum semua orang. Lain halnya dengan genta yang sukses sebagai seorang EO acara lantas membaut cara yang fenomenal. ian yang memulai mengejar skripsinya dengan penuh semangat begitu juga dengan zafran yang memulai pendekatan kepada Adinda.
Pertenuan 14 agustus menandai berahirnya 3 bulan yang mereka sepakati maka mereka berlima ditambah dengan adinda bertemu di sebuah stasiun atas saran genta. Maka perjalanan menandai ahir perpisahan adalah dengan mendaki sebuah gunung di kawasan jawa tengah. Perjalanan pendakian inilah keluh kesah yang mereka rasakan dituangkan. Petualangan baru dengan jati diri seolah semakin memantapkan tali persahabatan mereka.
Cerita ini tentu akan semakin menarik dibaca kala membaca bagaimana petualangan selama pendakian yang mereka lakukan. Sisi humanis memikat serta perjalanan yang berisi misi asmara menandai sebuah perjalanan yang sangat seru. Pertemuan dengan para pendaki lain, menemukan danau ditengah kehausan, hingga pristiwa kecelakaan ian kala terjadi letupan belerang. Ahir cerita sebuah bendera merah putih dikembangkan di puncak gunung mahameru. Sebuah kenangan serta rasa haru menhayati alunan lagu indonesia raya. Ian yang tadinya membenci indonesia ahirnya bertekad tetap di negeri ini, di negeri dimana ia dilahirkan. Rasa harunya dalam menikmati alam indonesia lantas membuatnya tetap mencintai negeri ibu pertiwi ini.
Secara keseluruhan buku ini memang memiliki bobot yang banyak menyampaikan makna. Dimana banyak disampaikan dengan pendek yang dilakukan para pemain dalam novel. Adegan yang memberikan sebuah warna lain dalam membaca novel ini. Contohkan saja dengan tekad Ian yang tadinya malas untuk menyelesaikan kuliahnya, namun akibat tekad untuk menjadi diri yang baru dihadapan maka ia pun rela mengulang kembali dari awal untuk membuat skpisinya. sebagai mahasiswa ekonomi memang ian adalah seorang mahasiswa yang pemalas, maka ia pun tekad untuk berubah. Buku ini bagus dibaca semua kalangan, khususnya bagi egnerasi muda yang memiliki rasa persahabtan. Dimana 5 cm bisa diambil hikmahnya agar setiap persahbatan memiliki tujuan, impian, dan jati diri. walau seperti itu buku ini tetap memiliki kekurangan, khususnya dalam mendapatkan prinsip 5 cm, dimana uraian 5 cm berada pada ahir petualangan yang telah mereka lakukan. tentunya 5 cm akan berbeda jika diucapkan dan diperkenalkan di awal kalimat dalam novel ini .

No comments:

Post a Comment

Catatan perjalanan : Tempat Pengasinganku adalah Rumahku

( Catatan perjalanan : Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende-NTT ) Perjuangan seperti apa yang bisa dilakukan Dalam keadaan terkucil sep...