Membagi Antara Harapan Dan Impian


Judul : BIDIK
Penulis : Nugroho Nurarifin
Penerbit : Gramedia Pustaka
Tebal : 245 Halaman
Tahun terbit : 2005

Buku bercerita tentang perjuangan seorang dalam mencapai impiannya. Peran yang terbagi namun memperebutkan satu orang yang menjadi titik bidikan. Astari sosok sentral yang diceritakan dalam novel ini. Dimana Astari digambarkan sebagai seorang yang memiliki aura wanita sempurna. Kecantikan dirinya, serta kecerdasan dirinya telah membuat orang disekitarnya takluk. Sartijo dan hendrik, keduanya menjadi penggila Astari dengan bidikanya masing-masing. Cerita ini menarik karena novel ini dipisahkan dengan gaya bercerita yang berlainan.
Astari lebih dahulu bertemu dengan Sartijo. Dimana keduanya bekerja dalam satu kantor yang sama di kalimantan. Astari menjabat sebagai sekertaris Jo. Kenangan masa lalu bangkit, kala Jo mengenal Astari sejak SMA, dan sejak SMA Jo sudah mengungkapkan cinta ke Astari namun sejak itu pula Astari menolaknya, selalu menolaknya jika Jo mengungkapkan perasaanya. Hingga ahirnya Astari berada dalam satu kantor dengan Jo. Merasa punya kesempatan Jo mulai pendekatan dengan mantan teman SMA nya. Namun malang, kali ini ia ditolak bahkan lepas dari penolakan astari membawa seorang cowok asing didepan Astari namun itu hanya berhubungan beberapa bulan.
Lika-liku percintaan semakin memanas kala Astari mengadu bahwa sang cowok aneh telah memiliki cewek lain. Jo iba, dan ia berusaha tetap dekat dengan astari. Hubungan yang semakin intim membuat jo berfikir untuk menembak astari lagi. Kali ini ia berfikir bahwa ia akan berhasil apa lagi Astari dan dirinya pernah bercumbu. Kali ini astari tetap menolak. Entah kenapa sang gadis tetap menolak bahkan nekad mencari pacar asing yang akan diperkenalkan kepadanya. Cinta yang kian membatu lantas membuatnya kembali ke Jakarta.
Lain cerita dengan Hendrik, ia telah menikah namun ia mengalami sebuah kehidupan yang membosankan. Ia hidup bersama dengan seorng wanita yang ia anggap sebagi seorang pembunuh anaknya. Pernikahan dengan istrinya ini adalah kesalahan yang ia sesali seumur hidupnya. Dimana hanya keran terpengaruh nafsu sex mambuat Hendrik menghamili gadis buruk rupa yang tidak pernah ia sukai kecuali karena sex. Ahirnya sang istri yang kini dinikahi dengan setengah hati seperti majikan yang suka mengegrutu dan menjadi mimpi buruk bagi Hendrik.
Kehidupan yang muram lantas menambah dengan karirnya yang terus merosrot. Pernah ia mencoba dengan membuat bisnis studio rekaman namun berahir dengan gagal. Bahkan imbasnya hutangnya harus dibayar dengan kerja keras sang istri yang menambah isi gerutu yang tidak pernah habis. Ide sebuah foto lantas mempertemukan dengan Astari. Maka bekerja sama dengan astari hendrik membuat sebuah proyek foto sebulan. Bidikan dengan sebuah kamera yang ia beli membuat ia ingin lepas dari mimpi buruk kehidupannya. Dimana bidikan di tepi jendela telah diamati oleh seseorang yang astari harapkan selama ini.
Dua cerita dengan objek yang sama ini memuncak kala ia proyek hendrik akan selesai. Jiwa Astari terganggu sejak kembali dari Kalimantan.ia mencoba menghubungi jo kembali namun tidak ada perkembangan. Padahal Jo juga secara kebetulan bekerja dalam satu tempat yang berseberangan. Maka Jo memulai rencana untuk membidik astari yang telah membuat luka secara dalam di hatinya melalui sebuah pistol.
Novel ini sangat menarik dengan menggunakan bahasa yang ringan serta konflik keseharian. Cinta, kebosanan, dendam, ambisis, dan sex. Tentu bahasa yang mudah dimengerti menjadi daya tarik bagi para pembaca. Sebuah kisah yang memang memiliki pilihan dan penyesalan yang harus diahiri. Dimana ahir itu adalah sebuah ambisi yang ingin diciptakan.namun sayangnya novel ini sedikit tidak menjelaskan latar tokoh secara gambling. Sosok astari yang misteri tentu punya alasan tidak mencintai jo. Kemudian konflik hendrik yang kurang memuaskan. Namun novel ini tetap sbeuah novel yang bagus.

No comments:

Post a Comment

Catatan perjalanan : Tempat Pengasinganku adalah Rumahku

( Catatan perjalanan : Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende-NTT ) Perjuangan seperti apa yang bisa dilakukan Dalam keadaan terkucil sep...