Kesetiaan Dan Pengorbanan



Judul buku : Perang Bubat
Pengarang : Aan Merdeka Permana
Penerbit : Qanita
Tahun terbit : 2009
Perang bubat sejarah yang tidak terlupakan dalam lintasan sejahar kerajaan di tanah Jawa. Perang ini membuat dampak yang besar hingga saat ini. Sebuah kebencian yang muncul dari suku sunda yang menggapa bahwa suku jawa merupakan penjajah. Agaknay sejarah membuat jalannya sebuah budaya yang turun temurun.
Berawal dari sumpah palapa yang rajamada atau dinekal dengan mahapati gaja mada membuat seluruh tanah nusantara bergerat dengan sumpah penyautan tanah nusantara di bawah panji majapahit. Kerajaan sunda merupakan kerajaan yang masih belum ditaklukan setelah penaklukan telah terjadi di seluruh nusantara. Kedua kerajaan ini memiliki rasa g hormat untuk menjadi sebuah kerajaanyang berdaulat.
Maka dari itu mada atas perintah rajasa hayam wuruk mendatangi tempat pengabdiannya yang dulu yakni kerajaan sunda untuk mempersuinting sang kekasih hati putrid dyah pitaloka. Kini dialog pertemuan lima tahun silam bertemu kambali sang [utri yang berumur dewasa dengan kecantikan surgawi dan mada yang kembali dengan kagagahan dan bukan badi lukis yang ia lakukan pertama kali di kerjaan sunda.
Antara tugas dan cinta yang terpendam mada lebih memilih tugas sebagai abdi negara majapahit yang disegani.kini baladewa mada bertemua juga dengan raja sunda prabu lingga buana, posisi duduk pun mulai setara dengan sang raja yang tidak lagi menganggap mada sebagai pegawai rendahan seperti yang ia pandang sbelum mada diusir karena mendekati putrinya. Kini mada datang sebgai mahapti yang mendapat titah sebagai pembawa pesan untuk melamar kan hayam wuruk dengan sang putrid. Alhasil kerajaan sunda menerima dan akan segera membawa sang putrid ke kerajaan majapahit untuk dipersunting.
Menjelang hari H semua penggawa istana gelisah dengan keputusan raja sunda itu. baginya perikahan a itu hanya akal-akalan suapya sunda tnduk dengan kerajaan wilwatika atau majapahit namun ada juga yang setuju dengan keputusan bijak sang raja.
Agaknya bukan karena itu saja kegelisahan muncul dari para senopati sunda namun ternyata alasan cinta lah yang membuat rakean rangga, tumegung larang ag eung, ki mantra supit kelikng, dan patih lainnya yang tidak setuju dengan pernikahan ini. Namun rasa cinta tanah air telah membuat semua patih mengikhlaskan pernikahan sang putrid dengan penguasa terbesar majaphit.
Di lain pihak Majapahit, diterimanya lamaran ke kerjaan sunda juga telah diantisipasi oleh sekelmpok patih majapahit dibawah pati purwodi untuk melakukan latihan yang tersembunyi tampa ada aba-aba dari gaja mada. Semua perencanaan kini memulai timbulnya sebuah konspirasi antar mereka.
Buku ini dituliskan menggabunngkan antara fakta dan fiksi. Penyuguhan ini tentu mengandung dokrtin untuk bersikap terhadap adat dan kebudayaan suku jawa dan sunda. Oleh karena itu memang dibutuhkan sebuah fakta yang benar untuk melahirkan sebuah interprstasi sejarah yang sesuai dengan kejadian yang seharusnya. Namun sekali lagi novel ini bagus dalam menceritakan perang bubat yang dibumbihi dengan kisah asmaranya.

No comments:

Post a Comment

Catatan perjalanan : Tempat Pengasinganku adalah Rumahku

( Catatan perjalanan : Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende-NTT ) Perjuangan seperti apa yang bisa dilakukan Dalam keadaan terkucil sep...